Olahraga untuk Pasien Kanker Payudara

Pasien dengan kanker payudara bukan berarti hanya berbaring di tempat tidur dan istirahat sepanjang waktu. Sebaliknya, pasien disarankan agar aktif berolahraga untuk menunjang perawatan dan pengobatannya. Olahraga bahkan mampu menjadi salah satu cara awal memperbaiki pola hidup agar lebih sehat dan bugar.

Walau demikian, olahraga untuk pasien kanker tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu panduan khusus agar perencanaan dan praktik olahraga memberikan hasil optimal terhadap kesehatan pasien kanker payudara.

Berikut sejumlah tips sehat dan aman berolahraga untuk pasien kanker payudara yang bisa diikuti:

1. Pilih jenis olahraga dengan intensitas ringan

Olahraga dengan intensitas ringan secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan sendi yang biasanya terganggu akibat operasi maupun terapi. Anda bisa memilih olahraga berjenis latihan aerobik dan latihan fleksibilitas, seperti jalan santai, bersepeda, dan yoga.
Walaupun berolahraga dengan intensitas ringan, jangan lupa untuk tetap melakukan peregangan otot dengan gerakan ringan sebelum olahraga untuk mencegah cedera.

2. Perhatikan frekuensi dan durasi olahraga

Sesuaikan frekuensi dan durasi olahraga dengan kondisi kesehatan. Jika tidak kuat berolahraga selama 30 menit penuh, jangan dipaksakan. Anda dapat mengatur kegiatan olahraga sesuai kemampuan, semisal jalan santai 10 menit di pagi atau sore hari.

3. Tetap terhidrasi

Pastikan kebutuhan air minum Anda tercukupi dan jangan sampai dehidrasi. Bawa selalu tumbler atau botol air minum ketika berolahraga.

4. Gabung ke program olahraga khusus pasien kanker

Olahraga bagi pasien kanker perlu pengaturan khusus agar dapat berjalan aman dan nyaman. Biasanya rumah sakit tempat Anda dirawat maupun klub kesehatan, memiliki program olahraga yang dirancang khusus untuk pasien kanker, termasuk kanker payudara.
Anda dapat mencari tahu dan bergabung dengan program olahraga tersebut agar olahraga Anda lebih terpantau dan menjawab kebutuhan perawatan kanker.

5. Konsultasi dengan dokter

Jika Anda masih ragu dengan pilihan olahraga yang Anda jalani, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk merencanakan olahraga yang tepat dan aman. Biasanya dokter akan memberikan rekomendasi jenis olahraga, durasi dan frekuensi yang disarankan, serta beberapa hal lainnya yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan rangkaian pengobatan yang dijalani.

Lakukan kelima tips sehat di atas untuk program olahraga yang aman dan nyaman. Mari terus semangat untuk bergerak aktif dan berpikir positif demi kelancaran proses penyembuhan.

Sumber: https://www.siloamhospitals.com/Contents/News-Events/Advertorial/2020/10/23/07/42/Tips-Sehat-Olahraga-untuk-Pasien-Kanker-Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *