Konsumsi Kafein Meningkatkan Risiko Kanker Payudara?

Konsumsi teh dan kopi tidak berhubungan dengan penurunan risiko kanker payudara pada wanita yang sudah menopause, namun berhubungan dengan adanya potensi penurunan risiko kanker payudara dengan reseptor estrogen (ER-BC). Dosis asupan kafein maksimal yang direkomendasikan yaitu 2-3 cangkir kopi dan/atau ≥5 cangkir teh per hari dimana mereka mempunyai potensi proteksi terhadap kanker payudara (Wang et al., 2021).

Konsumsi kopi dan asupan kafein tidak berhubungan dengan risiko kanker payudara dan ER1/PR2 breast cancer. Adapun, konsumsi teh mungkin mempunyai hubungan dengan risiko kanker payudara dan ER1/PR1 breast cancer (Oh et al., 2015).

Asupan kopi berkafein yang lebih tinggi dikaitkan dengan sedikit penurunan risiko kanker payudara pada wanita pascamenopause. Asupan kopi tanpa kafein tampaknya tidak berhubungan dengan risiko kanker payudara (Bhoopathy et al., 2015).

Pada penyintas kanker payudara, konsumsi kopi yang lebih tinggi pada pasien yang sudah terdiagnosis kanker payudara memiliki hubungan dengan angka ketahanan hidup yang lebih baik (Farvid et al., 2021).

Kesimpulan:
Konsumsi kafein dengan jumlah yang tidak melebihi dosis yang dianjurkan mempunyai efek baik pada risiko kanker payudara maupun angka ketahanan hidup.