Ini Alasan Tubuh Mudah Sakit Dikala Musim Hujan Tiba

Sejak bulan Januari lalu, sejumlah wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Saat musim ini datang, banyak orang mulai mawas diri. Sebab, jika tidak, musim hujan bisa bikin mereka rentan sakit. Mulai dari flu, diare, batuk, tipes, demam berdarah (DBD), malaria hingga Covid-19. 

Sakit memang bisa terjadi kapan saja. Namun saat musim hujan, tubuh cenderung lebih rentan untuk mengalami sakit. Berikut adalah beberapa alasan badan mudah sakit saat musim hujan :

Daya tahan tubuh melemah

Meski masih menjadi pro-kontra, beberapa studi menduga bahwa suhu dingin saat musim hujan berpengaruh pada daya tahan tubuh (imunitas) seseorang. Suhu dingin ini dianggap dapat melemahkan sistem imun, sehingga bisa membuat tubuh rentan sakit.

Perubahan suhu ekstrem

Suhu udara saat hujan dan tidak hujan tentu berbeda. Tak jarang, perbedaan suhu ini  cenderung ekstrem dan menuntut tubuh untuk beradaptasi. Akibatnya, perubahan suhu ini secara tidak langsung dapat memengaruhi sistem imun tubuh.

Minimnya aktivitas fisik

Studi yang dilakukan oleh International Journal of Sports Medicine menyebutkan bahwa hujan bukanlah penghalang untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Sebab, olahraga diperlukan untuk menjaga tubuh tetap fit beraktivitas selama musim hujan. Justru tanpa olahraga, daya tahan tubuh bisa melemah dan membuat kamu rentan sakit.

Mudahnya penyebaran virus dan bakteri

Saat musim hujan, lingkungan cenderung lembap. Kondisi ini lah yang bisa membuat bakteri dan virus penyebab penyakit berkembang lebih cepat. Di antaranya melalui genangan air yang terbawa oleh cipratan lumpur, sepatu, dan lain-lain.

Tips Sehat di Saat Musim Hujan

  • Tetap Terapkan 5M. Menjaga kesehatan di musim hujan selama pandemi tak jauh berbeda dengan musim kemarau, baik dengan atau tanpa pandemi. Oleh karena itu, saat masih pandemi, disarankan agar masyarakat tetap menerapkan 5M dan protokol kesehatan.
  • Jaga Keseimbangan Pola Hidup. Caranya dengan mengatur pola makan, istirahat cukup, menjaga pikiran agar tidak mudah stres, serta pentingnya olahraga dan olah gerak agar tubuh tetap bugar. Meski ada kalanya cuaca yang sering mendung saat musim hujan membuat tubuh terasa malas bergerak, olahraga bisa dilakukan di mana saja termasuk di dalam rumah.
  • Konsumsi Vitamin dan Suplemen. Hal ini juga diperlukan agar tubuh tetap kuat beraktivitas. Suplai vitamin dan makanan sehat dengan menerapkan pola hidup sehat mampu meningkatkan imunitas selama musim hujan.

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/ini-alasan-badan-mudah-sakit-saat-musim-hujan

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5829282/mengapa-musim-hujan-orang-mudah-sakit-ini-penjelasan-pakar-unair