Deteksi Kanker Payudara Secara Mandiri

Syarat paling utama seorang perempuan mampu mendeteksi dini kelainan pada payudaranya adalah : ia harus mengenali dengan baik payudaranya sendiri. Hal ini harus sudah dimulai sejak seorang perempuan akil baligh atau mendapatkan menstruasi pertama, menjadi sesuatu yang penting di atas usia 30 tahun, dan wajib hukumnya pada wanita di atas usia 40 tahun.

Kegiatan yang paling mudah dilakukan oleh seorang perempuan untuk mendeteksi kelainan pada payudara adalah Periksa Payudara Sendiri (SADARI). SADARi sebaiknya dilakukan satu kali tiap bulan. Bagi perempuan yang masih mengalami menstruasi teratur, maka disarankan melakukan SADARI pada hari ke 7-10 menstruasi (dihitung dari hari pertama menstruasi).  Sedangkan pada perempuan yang sudah menopause, maka dilakukan pada tanggal yang sama yang dapat diingat dengan baik tiap bulannya.

LAKUKAN SADARI

1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris? Jangan cemas, itu biasa.

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.

4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.

6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

LAKUKAN HAL INI BILA MENEMUKAN KELAINAN

Seorang perempuan yang mendapati kelainan pada payudaranya, maka harus secepat mungkin memeriksakan diri ke ahli medis. Tidak perlu takut atau khawatir, karena kebanyakan kelainan payudara bukanlah tumor ganas.  Selain itu seorang dokter yang baik akan melakukan evaluasi yang lengkap dan menyeluruh sebelum memastikan suatu tindakan diperlukan atau tidak. Hal yang paling penting adalah memastikan terlebih dahulu.