Operasi Onkoplasti Payudara

Tahukah Anda bahwa payudara Anda dapat tampak bagus kembali pasca operasi kanker payudara? Dengan prosedur operasi onkoplasti yang memenuhi kaidah onkologi dan estetika, dokter dapat membentuk kembali payudara pasca operasi agar kualitas hidup tetap terjaga. Berikut pilihan teknik onkoplasti.

Implan silikon digunakan untuk menggantikan massa payudara yang diangkat pada operasi kanker payudara.

Flap TRAM (Transversus Rectus Abdominis Myocutaneous) adalah salah satu metode reskonstruksi payudara yang menggunakan flap abdomen. Flap berasal dari sebagian jaringan perut pasien, yang terdiri atas kulit, jaringan lemak, sebagian kecil otot rektus abdominis dan jaringan ikat, dan dipindahkan ke payudara. Beberapa pasien kanker payudara lebih menyukai prosedur ini karena menghasilkan abdominoplasti (pengencangan perut), dan memungkinkan payudara direkonstruksi dengan jaringan sendiri daripada implan benda asing.

Dengan menggunakan perforator arteri interkostal lateral, tindakan ini akan menggantikan jaringan payudara yang diangkat pada prosedur operasi kanker payudara. Prosedur ini memindahkan kulit dan lemak dari bawah lengan (punggung sisi samping) untuk  mengembalikan ukuran dan bentuk payudara pasien.


Dalam prosedur flap latisimus dorsi, flap berbentuk oval yang terdiri atas kulit, lemak, otot, dan pembuluh darah dari punggung atas digunakan untuk merekonstruksi payudara. Flap ini dipindahkan di bawah kulit pasien ke sekitar area payudara untuk mengisi jaringan payudara yang telah diangkat.