5 Manfaat Puasa Bagi Tubuh yang Baik Untuk Kesehatan

Dilansir dari laman Bright Side, Sabtu (18/12/2021), berikut adalah manfaat puasa untuk kesehatan:

1. Sel Tubuh Diperbaharui Lebih Cepat

Kulit orang dewasa menutupi sekitar dua meter persegi luas permukaan dan mewakili sekitar 20% dari total berat badan. Puasa air memicu pembaharuan diri sel-sel kulit. Para peneliti menyarankan proses dimulai setelah 18-20 jam puasa dan puncaknya setelah 48-72 jam. Selanjutnya, proses pembaruan sel juga dapat melindungi terhadap penyakit Alzheimer dan jantung.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Puasa dengan hanya minum air dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu penyakit paling serius yang diderita dunia modern.

Puasa menunjukkan hasil yang menjanjikan, bahkan dengan orang-orang dengan tekanan darah tinggi ketika mereka berpuasa di bawah pengawasan medis.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Hormon insulin dan leptin memainkan peran penting dalam metabolisme tubuh. Insulin membantu menyimpan nutrisi dari aliran darah, sedangkan leptin berfungsi sebagai hormon kenyang. Penelitian menunjukkan bahwa puasa air bisa membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap hormon ini. Tingkat sensitivitas yang lebih tinggi meningkatkan efektivitas hormon ini, yang berarti bahwa tubuh Anda akan dapat mengurangi gula darah dan mencegah obesitas.

4. Mencegah Penyakit Kronis

Puasa dianggap menurunkan risiko penyakit kronis, termasuk diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa air dapat menekan gen yang terlibat dalam pertumbuhan sel kanker. Ini mungkin membuat kemoterapi lebih efektif juga.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa pertama kali diperuntukkan sebagai pengobatan untuk epilepsi lebih dari 2.000 tahun yang lalu. 

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa puasa membantu menjernihkan pikiran dan mengisi ulang indera sekaligus merangsang fungsi otak.

Selain itu, puasa mungkin dapat meningkatkan fungsi kognitif, menghentikan penurunan kognitif terkait usia, mengurangi degenerasi saraf, mengurangi kerusakan otak, dan meningkatkan pemulihan fungsional setelah stroke. 

Sumber: https://www.liputan6.com/global/read/4789245/baik-untuk-kesehatan-ini-5-manfaat-puasa-bagi-tubuh